BERPARTISIPASI DALAM VIERA, PESERTA DIDIK SMK TELKOM SIDOARJO LAKSANAKAN TES SECARA DARING

Sidoarjo – Sebagai langkah untuk meningkatkan mutu pendidikan, peserta didik SMK Telkom Sidoarjo kelas X dan XI telah mengikuti Program VIERA (Vocational Integrated English Readiness Assessment). VIERA ini diselenggarakan oleh Direktorat SMK untuk memfasilitasi peningkatan kompetensi dan sertifikasi bahasa Inggris untuk peserta didik SMK dengan Test of English for International Communication (TOEIC).

            Program VIERA yang dilaksanakan pada 6-7 Mei 2021 ini berjalan cukup lancar. Dalam setiap tesnya dilaksanakan dalam dua sesi. Meskipun dilaksanakan secara online atau daring, pihak kurikulum memastikan untuk meminimalkan tindak kecurangan. “Pengawasan dilaksanakan oleh wali kelas, namun aplikasi VIERA ini sudah mendukung pencegahan kecurangan, karena di download di masing-masing akun dengan ritme pengerjaan yang relatif singkat,” ungkap Siti Sifaun.

Dasarnya, program VIERA ini merupakan program untuk menyiapkan peserta sebelum mengikuti TOEIC yang sesungguhnya yang bersifat kompetisi. Nantinya peserta yang skornya sesuai dengan kualifikasi akan lanjut mengikuti tes TOEIC dan berhak mendapatkan sertifikat TOEIC. Sertifikat ini nantinya sangat berguna untuk masa depan peserta didik SMK Telkom Sidoarjo.

Hal ini tentunya sesuai dengan tujuan program VIERA menurut Direktorat SMK, yaitu  (1) Meningkatkan kompetensi bahasa Inggris peserta didik, (2) Memberikan sertifikasi berstandar internasional kepada peserta didik, dan (3) meningkatkan daya saing peserta didik dalam menghadapi pasar kerja global.

Tes yang berjalan cukup lancar ini, dilaksanakan dalam dua sesi. Meskipun dilaksanakan secara online atau daring, pihak kurikulum memastikan untuk meminimalkan tindak kecurangan. “Pengawasan dilaksanakan oleh wali kelas, namun aplikasi VIERA ini sudah mendukung pencegahan kecurangan, karena di download di masing-masing akun dengan ritme pengerjaan yang relatif singkat,” ungkap Siti Sifaun.

            Program yang launching pada 5 April 2021 diberbagai platform Direktorat SMK ini, terdiri atas beberapa section, antara lain listening sectiongrammar section, dan reading section.  “VIERA ini merupakan agenda tahunan. Selain membantu peserta didik untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris, peserta didik memiliki kesempatan yang diakui secara internasional. Tentunya hal ini akan menambah portfolio dan membantu karir lulusan kedepannya, ntah untuk melamar kerja ataupun mendaftar beasiswa. Maka dari itu, semua peserta didik SMK Telkom Sidoarjo diwajibkan mengikuti program ini,” tutup Siti Sifaun, Waka Kurikulum SMK Telkom Sidoarjo.

Bagikan berita