SMK Telkom Sidoarjo Gelar Teacher Talk Secara Daring

SIDOARJO-Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai membuat aktivitas pembelajaran peserta didik harus tetap dilaksanakan secara daring/online. Menghadapi situasi ini, guru SMK Telkom Sidoarjo rutin selenggarakan program Teacher Talk di setiap minggunya.

Teacher Talk sendiri sebenarnya telah dilaksanakan sejak tahun 2020, namun topik yang disampaikan terbatas untuk pembuatan media pembelajaran. Di tahun 2021 ini, Teacher Talk hadir dengan hal yang baru. Semua guru di SMK Telkom Sidoarjo diwajibkan untuk mengikuti pelatihan di salah satu platform dengan topik yang berbeda-beda. Misalnya, pelatihan Guru Merdeka Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh Merdeka Belajar, Manajemen Emosi guru Merdeka Belajar, dan topik-topik lainnya. “Topik yang dipelajari guru SMK Telkom Sidoarjo saat ini sangat relevan dengan kondisi kita,” ujar Rahmat Dwi Djatmiko, Kepala SMK Telkom Sidoarjo.

Setelah mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut, guru SMK Telkom Sidoarjo diwajibkan untuk sharing ke seluruh guru SMK Telkom Sidoarjo melalui program Teacher Talk.Teacher Talk ini kegiatan rutin untuk sharing dari pengalaman belajar dan pengalaman mengajar para guru SMK Telkom Sidoarjo untuk terus memperbaiki kualitas pembelajaran,” tambah Rahmat.

Hari ini (5/02/2021), Teacher Talk sesi 2  telah berlangsung dengan lancar. Meskipun hanya sharing melalui media zoom, tidak mengurangi antusias Bapak/Ibu guru SMK Telkom Sidoarjo untuk terus belajar. Dengan tema Pembelajaran Jarak Jauh Merdeka Belajar, guru SMK Telkom Sidoarjo sangat aktif untuk berdiskusi terkait dengan temuan kendala-kendala ketika pembelajaran, hingga akhirnya menemukan solusi atau hal baru yang bisa diterapkan di pembelajaran daring. “Ada cara yang bisa guru gunakan, yaitu 5M. Memanusiakan hubungan, memahami konsep, membangun keberlanjutan, memilih tantangan, dan memberdayakan konteks,” ungkap pemateri di Teacher Talk, Ike Yuliastuti,  Fajar Trihadmoko, dan Mirza Arie dengan kompak.

Melalui program ini, guru SMK Telkom Sidoarjo diharapkan untuk siap menyelenggarakan pembelajaran daring yang bermanfaat dan menyenangkan untuk peserta didik SMK Telkom Sidoarjo. Pada sesi kali ini, semua guru mendapat banyak apresiasi, salah satunya dari Kaprodi Teknik Jaringan Akses, “Terima kasih Bapak/Ibu telah berjuang untuk selalu memberikan pembelajaran yang terbaik bagi peserta didik kita.”

Selain itu apresiasi juga datang dari Kepala SMK Telkom Sidoarjo , “Terima kasih untuk semua rekan-rekan guru telah bersabar dalam menuntut ilmu dari manapun dan oleh siapapun selama Teacher Talk ini. Mari kita budayakan, semua guru semua murid,” tutupnya.

Bagikan berita