SOSIALISASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) PESERTA DIDIK KELAS XI

Sidoarjo –  Pandemi tidak menyurutkan semangat SMK Telkom Sidoarjo untuk tetap melaksanakan program-program sekolah, salah satunya Praktik Kerja Lapangan (PKL). Rencananya PKL ini dimulai dari 1 Juli s.d. 20 November 2021.

            Sosialisasi yang dilaksanakan pada 3 Mei 2021, secara daring/online ini dihadiri oleh Kepala SMK Telkom Sidoarjo, perwakilan industri rekanan, tim Satgas PKL Tahun 2021, orang tua/wali, dan peserta didik kelas XI. Semua teknis pelaksanaan dan informasi terkait PKL di sampaikan langsung oleh ketua PKL ke Orang Tua/Wali dengan tujuan agar Orang Tua/Wali dapat mengetahui secara keseluruhan terkait informasi PKL. 

“PKL ini merupakan kegiatan untuk memberikan pengalaman belajar dengan langsung mengerjakan pekerjaan rill atau nyata di rekanan industri SMK Telkom Sidoarjo dan melatih diri untuk menerima tanggung jawab dari tugas/proyek yang dikerjakan nantinya,” ucap Rahmat Dwi Djatmiko, Kepala SMK Telkom Sidoarjo.

Kegiatan PKL ini merupakan syarat kelulusan bagi peserta didik di SMK Telkom Sidoarjo. Sebagaimana telah diatur dalam Kemendikbud Nomor 50 Tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan sebagai perwujudan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang dirancang untuk mencapai keterampilan keahlian sesuai dengan program keahlian peserta didik.

Pada kegiatan ini, dihadiri pula perwakilan dari industri, yaitu Anandre Forastero, HR Manager PT. Sentra Vidya Utama (SEVIMA). “Kegiatan seperti ini memang harus dilakukan, SEVIMA sendiri telah melaksanakan kerjasama di beberapa instansi pendidikan, salah satunya di SMK Telkom Sidoarjo. Hal ini untuk mengurangi kesenjangan antara apa yang dipelajari di sekolah dengan apa yang dibutuhkan oleh industri. Selain itu, SEVIMA juga memiliki program untuk memberikan beasiswa serta ikatan dinas untuk lulusan.” 

Anandre yang juga merupakan seorang psikolog, mengatakan bahwa perkembangan teknologi saat ini sangat mempengaruhi trend rekruitmen saat ini. “Penilaian kami saat ini, tidak hanya surat lamaran atau CV, namun juga akun social mediaPersonal branding ini penting untuk pertimbangan industri ketika melaksanakan rekruitmen,” ucapnya. 

            SEVIMA merupakan salah satu dari beberapa industri rekanan untuk PKL peserta didik, selain PT Telkom Indonesia, Miratel, PT. Fangbian Iskan Corporindo, Kominfo, Icon +, Next Wave, dan beberapa perusahan lainnya yang bergerak di bidang IT (Jaringan). 

            “Pertemuan ini, kami selenggarakan untuk meminimalkan miskomunikasi antara pihak sekolah dan orangtua/wali. Mengingat PKL kali ini diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19,” papar Dwi Arini selaku ketua PKL ketika sosialisasi berlangsung. 

            Dwi Arini menjelaskan pula jika ploting lokasi PKL ini di petakan tidak hanya disesuaikan dengan program keahlian, namun juga disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik sesuai dengan hasil kuesioner yang telah disebar tim satgas PKL. “Untuk menyukseskan PKL ini, mohon izin kepada Bapak/Ibu untuk mengingatkan putra/putrinya bahwa akan ada pembekalan PKL pada tanggal 21-23 Juni 2021. Tentunya dengan syarat, peserta didik harus naik ke kelas XII,” tutupnya. 

Bagikan berita