YPT Gelar Pameran Virtual Inovasi dan Pendidikan Lebih dari 1.000 Orang Kunjungi TEIS 2022

Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) menggelar pameran virtual  Telkomcampus Education & Innovation Space (TEIS) 2022. Antusiasme masyarakat pada pelaksanaan TEIS ini sangat tinggi, pada  hari pertama pelaksanaan TEIS saja tercatat lebih dari 1.000 orang telah mengunjungi berbagai booth yang ada, baik itu booth Pendidikan maupun inovasi. 

Dalam pameran yang  bertajuk Innovation for Education Excellence ini menyuguhkan berbagai produk inovasi yang berasal dari Lembaga Pendidikan Telkom Schools dan Telkom Campus  yang ada di bawah naungan YPT Group. Sebanyak 77 produk inovasi ditampilkan, mulai dari inovasi bidang Kesehatan, Pendidikan (pembelajaran), hingga lingkungan.  

Direktur Utama Yayasan Pendidikan Telkom Sindhu Aryanto mengatakan  Lembaga pendidikan yang diharapkan menjadi sebuah pusat keunggulan (centre of excellence) mengutamakan penelitian dan pengembangan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini sejalan dengan tema pada kegiatan ini yaitu “Innovation for Education Excellence”.

“TEIS 2022, merupakan ajang kreasi para insan ilmu pengetahuan yang telah melakukan penelitian dan pengembangan berbagai produk inovasi. Hasil-hasil riset ini ditampilkan, sebagai pembuktian bahwa hasil-hasil riset selama ini bermanfaat bagi masyarakat,”ucapnya pada saat sambutan Opening TEIS 2022.

TEIS 2022  dibuka pada 17 Maret  2022 dan  diselenggarakan hingga September 2022. Masyarakat dapat mengunjungi TEIS melalui link https://teis.telkomcampus.id/. Dengan diadakannya pameran inovasi ini diharapkan dapat membantu menciptakan SDM unggul yaitu sumber daya manusia yang kreatif dan adaptif serta mampu menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Selain itu YPT mendorong lembaga pendidikan dibawah naungan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk menghasilkan generasi unggul dan profesional dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, riset dan inovasi, berjiwa entrepreneur dan mampu bersaing secara nasional maupun internasional,”jelasnya.

Masing-masing Lembaga membawa produk inovasi yang sudah berhasil dikembangkan dan dimanfaatkan secara nyata oleh masyarakat. Bahkan beberapa diantaranya telah mendapatkan penghargaan. Telkom University misalnya, memamerkan produk unggulan mereka salah satunya, Patriot-Net adalah salah satu fasilitas prevention yang memonitor 4 Bencana sekaligus dan melakukan pemulihan jaringan Telekomunikasi menggunakan Mobile Cognitive Radio Base Station (MCRBS) , inovasi berupa teknologi lainnya juga disuguhkan  oleh ITTelkom Surabaya salah satunya dengan karya Anjungan Pemeriksaan Kesehatan Mandiri Ini merupakan inovasi berbentuk alat kesehatan multifungsi yang dapat digunakan untuk membantu pasien dan tenaga medis  dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, alat ini  dilengkapi dengan 7 fitur yang bermanfaat.

Sementara itu, Banyumas Digital Valley dari ITTelkom Purwokerto yang merupakan penggerak hilirisasi produk inovasi dalam menumbuhkan inovasi berbasis teknologi digital di indonesia. Inovasi lain yang lahir untuk penanganan Covid-19 yaitu Handwashing Auto berbasis sensor dan sewage disposal treatment dari ITTelkom Jakarta. Karya ini merupakan inovasi alat pencuci tangan otomatis berbasis sensor gerak sebagai bentuk antisipasi penyebaran covid 19 dan sewage disposal treatment, merupakan downcycling limbah air cuci tangan sehingga dapat dimanfaatkan kembali untuk pengairan tanaman.

Selanjutnya Telkom Schools membawa produk-produk inovasi di bidang pendidikan, My Diary yang merupakan pelayanan pendidikan di sekolah dengan meningkatkan layanan perpustakaan sekolah menjadi pusat kegiatan literasi berbasis teknologi yang ramah siswa dan menyenangkan. Sistem Komputasi awan sebagai sarana pembelajaran guru dan siswa dan masih banyak lainnya.

Selain menampilkan karya inovasi dari lembaga, pameran virtual juga menampilkan informasi yang tak kalah menarik terkait. Bagi yang ingin mengetahui lingkungan Telkom Campus secara lebih dekat tanpa harus jauh-jauh datang langsung, pameran virtual menawarkan fasilitas Virtual Tour dan aerial view , teknologi ini akan mempermudah siapa saja yang ingin mengetahui tentang lingkungan maupun fasilitas dengan memungkinkan seseorang melihat sebuah lokasi secara 360 derajat yang dibuat dalam bentuk video maupun foto. Selain itu terdapat informasi Penerimaan mahasiswa baru maupun Penerimaan Peserta Didik Batu yang memuat informasi terkait jurusan yang tersedia, jadwal pembukaan hingga berbagai beasiswa.

Pameran virtual Innovation for Education Excellence dilengkapi dengan rangkaian acara  berupa live event stage Talk Show yang menghadirkan tokoh papan atas, Music Show yang diramaikan oleh artis kekinian dan Seminar yang diisi oleh tokoh revolusioner.

Bagikan berita